Senin, 14 November 2016

Susi Perkenalkan Mutiara Asli Indonesia pada Gelaran IPF 2016

Jakarta, Indonesia -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk ke enam kalinya menggelar Indonesian Pearl Festival (IPF) pada 9 – 13 November 2016 yang bertempat di Lippo Mall Kemang, Jakarta. Pameran ini bertujuan memperkenalkan Indonesian South Sea Pearl (ISSP) yang merupakan mutiara laut selatan asli Indonesia.


Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berharap gelaran IPF 2016 ini dapat membuka akses penjualan ISSP kepada masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri. “Saya berharap Indonesian South Sea Pearl dapat dikenalkan kepada stakeholders dan peminat mutiara. Pameran yang diadakan secara rutin dapat membuka akses ke masyarakat. Masyarakat Indonesia harus tahu, laut kita tidak hanya biru dan cuma ada ikan. Tapi, ada mutiara yang tersimpan di kedalaman laut Indonesia ujar Susi saat membuka acara pameran di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Rabu (9/11).

Pada kesempatan ini Susi menjelaskan kelebihan Mutiara laut asli Indonesia dibandingkan yang berasal dari negara lain, yaitu kilaunya yang terang dan tidak berubah sepanjang masa.  Mutiara yang dihasilkan dari genus kerang/tiram Pinctada Maxima ini dapat hidup diseluruh perairan indonesia.  Sedangkan pada negara tetangga seperti Australia hanya dapat hidup pada perairan tertentu saja.

Susi menegaskan, mengenalkan ISSP kepada para peminat mutiara dunia merupakan tugas kita bersama. Jika ISSP sudah terkenal dan menjadi komoditi baru yang memiliki nilai tinggi, hal tersebut bisa menjadi keuntungan untuk Indonesia, yaitu menjadi sumber ekonomi baru di Indonesia.


Oleh Samsi Haryono-Humas Kementerian Perikanan dan Kelautan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar