Minggu, 13 November 2016

Adventorial - Green City


Gerakan 10.000 Biopori di Kota Bontang, sumber google.com

BIOPORI
Langkah mewujudkan Green City

Visi misi Pemerintah Kota Bontang salah satunya mewujudkan Kota Bontang sebgai Green City yakni peningkatan kualitas lingkungan hidup. Gerakan 10.000 Biopori sebagai langkah awal  dimulai dari lingkungan Pemerintah, yang dilaksanakan pada 20 Oktober 2016 di Ruang Terbuka Hijau, Taman Tanjung Laut Bontang Selatan.

Lubang resapan biopori sebagai salah satu investasi lingkungan  masa depan dan generasi penerus. Program yang selalu digalakkan sebagai investasi lingkungan. Biopori berguna untuk memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah, berguna sebagai media kompos alami dari sampah organik daripada dibakar, mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit, mengurangi air hujan yang dibuang percuma ke laut, mengurangi resiko banjir di musim hujan, maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah dan mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.

Cara membuat Biopori antara lain :
1. Buat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm. Kedalaman kurang lebih 100 cm atau tidak sampai melampaui muka air tanah bila air ternyata dangkal. Jarak antar lubang antara 50 - 100 cm.
2. Mulut lubang dapat diperkuat dengan semen selebar 2-3 cm dengan tebal 2 cm disekeliling mulut luang.
3. Isi lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan, atau pangkasan rumput.
4. Sampah organik perlu selalu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya sudah berkurang dan menyusut akibat proses pelapukan.
5.Kompos yang terbantuk dalam lubang dapat diambil pada setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan lubang resapan.

Pembuatan Biopori sangat mudah dan tidak memakan waktu, sehingga masyarakat dapat membuat lubang biopori secara swadaya di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kita bisa selamatkan lingkungan dimulai dari diri sendiri.
21/Ika Octavianie/Setda Kota Bontang
advertorial

1 komentar: