Senin, 14 November 2016

CANDI BOROBUDUR MILIK SIAPA?


ARTIKEL

 

Candi Borobudur, pastilah orang Indonesia ataupun mancanegara tidak asing dengan nama ini, tapi nama Kabupaten Magelang, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Wisatawan asing dan lokal mengenal Candi Borobudur terletak di Yogyakarta, hal ini sungguh membuat miris pelaku pariwisata di Kabupaten Magelang.
Hal ini menjadi semakin buruk ketika tidak ada pemasukan yang signifikan untuk kas Pemerintah Kabupaten Magelang karena tidak adanya bagi hasil pengelolaan Candi Borobudur kepada Pemerintah Daerah. Seperti yang tertuang dalam Keppres no. 1/1992, yang menyatakan bahwa menetapkan dan memungut biaya masuk taman wisata termasuk candi, dan pungutan lainnya atas pemanfaatan fasilitas yang tersedia di dalam taman wisata dan hasil seluruhnya merupakan pendapatan Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT. Taman Wisata Candi Borobudur dan Prambanan.
Pendapatan Asli Daerah yang relatif sedikit, semakin membuat promosi pariwisata di Kabupaten Magelang tak terdengar gaungnya. Secara otomatis, objek-objek potensial pariwisata di Kabupaten Magelang tidak terpromosikan secara baik, sehingga tidak dikenal oleh masyarakat luas. Tetapi hal ini sedikit tertolong dengan maraknya dunia media sosial, dan secara tidak langsung nama Kabupaten Magelang sedikit terangkat.
Pada tahun ini, ada sedikit angin segar bagi dunia pariwisata Kabupaten Magelang, hal ini ditandai dengan akan dibangunnya Bandara di Kabupaten Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang dan akan dibentuknya Badan Otorita Candi Borobudur yang dikelola bersama antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Magelang. Dengan dilibatkannya Kabupaten Magelang dalam Badan tersebut, otomatis Kabupaten Magelang akan mendapat Profit Share dari hasil pengelolaan pendapatan Candi Borobudur.
Meningkatnya Pendapatan Asli Daerah diharapkan dapat menaikkan pamor Kabupaten Magelang dalam dunia pariwisata dan mengenalkan tempat-tempat pariwisata lain yang berada di Kabupaten Magelang. Promosi-promosi kreatif pariwisata juga harus digencarkan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kesadaran pariwisata harus terus diberikan. Sehingga ke depan sektor pariwisata dapat terus menjadi andalan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Magelang.

Jenis artikel : deskriptif
Oleh :
Rony Gunawan (9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar