Senin, 14 November 2016

Paku Tanah Jawa di Tengah Kota Magelang

Artikel



Salah satu ciri khas Kota Magelang adalah Bukit Tidar. Bukit yang terletak di tengah kota ini banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin berziarah ke makam  Syaikh Subakir yang terletak di atas Bukit Tidar. Selain makam, bukit Tidar juga memenyimpan pusaka-pusaka berharga seperti tombak Syaikh Subakir yang berukuran 7 meter dan dinamakan Kyai Sepanjang.

Banyak yang mengatakan bahwa Gunung Tidar ini merupakan paku tanah Jawa, karena Syaikh Subakir memasang tumbal paku bumi yang ditancapkan ke puncak Tidar. Menurut legenda, hal tersebut dilakukan untuk mengusir para jin penghuni Tidar. Akhirnya tercapailah kesepakatan antara Syaikh Subakir dan para jin bahwa mereka akan hidup berdampingan. 

Saat ini gunung Tidar dijadikan cagar budaya, tempat religi spiritual serta tempat ziarah. Selain itu kita juga bisa mengunjungi Bukit Tidar ini untuk sekedar olah raga pagi. Dinas Pariwisata Kotamadya Magelang pun telah mendirikan Tugu Kemerdekaan di puncak Tidar.Yang tidak kalah unik,  pada pintu masuk biasanya kita akan disambut sekawanan gunung tidar. Jika ingin memberikan makanan pada mereka banyak juga pedagang kacang rebus di sekitar pintu masuk.


Krisni Misyati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar