Senin, 14 November 2016

Humas dalam Promosi Perguruan Tinggi Negeri



Humas dalam Promosi Perguruan Tinggi Negeri


Dalam era keterbukaan informasi publik tidak dapat dipungkiri peran humas memegang peranan penting dalam penyebaran informasi dari institusi ke publik internal ataupun eksternal. Dan di era sekarang ini  persaingan antar perguruan tinggi baik swasta dan maupun negeri semakin sengit. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak boleh kalah saing dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam melakukan strategi promosi. Universitas swasta gencar dengan promosinya melalui anggaran yang terbilang tidak sedikit untuk dapat menjaring mahasiswa. Selama ini perguruan tinggi negeri dianggap mudah untuk mendapatkan mahasiswa sehingga tidak perlu melakukan promosi yang gencar. 




Sehingga hal ini muncul kesenjangan dalam intensitas promosi antara PTS dan PTN  baik di media cetak maupun televisi. Tapi anggapan seperti itu mulai tergeser. Karena sekarang masyarakat sudah mulai kritis. Masyarakat sekarang haus akan informasi. Dengan adanya keterbukaan informasi publik maka segala bentuk informasi yang dibutuhkan selayaknya diinformasikan kepada masyarakat. 




Humas PTN  harus mampu mengolah isu dan menjadikannya media promosi di media massa. Promosi di media massa tidak harus dengan anggaran biaya yang mahal. Mengolah informasi dan isu yang berkembang di perguruan tinggi bisa menjadi bahan untuk promosi. Mengolah keunggulan-keunggulan dan prestasi yang telah dicapai oleh perguruan tinggi bisa menjadi nilai tambah dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi di mata masyarakat. Prestasi dan keunggulan tersebut dapat diolah menjadi berita, advertorial, artikel yang tidak mengeluarkan biaya yang besar. Penelitian-penelitian mahasiswa atau dosen yang menarik, inovatif, dan menguasai hajat hidup orang banyak dapat dieksplorasi dan dijadikan promosi perguruan tinggi.  




Menjadi humas perguruan tinggi harus kreatif dan inovatif. Keterbatasan anggaran dalam promosi tidak menyurutkan langkah humas PTN untuk mempromosikan tentang perguruan tinggi.











Artikel



Tusti Handayani 
Humas FIK UNY 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar