Senin, 14 November 2016

advertorial : UNY sebagai kampus berkultur pendidikan karakter




UNY sebagai Kampus berkultur Pendidikan Karakter

Kultur sebuah lingkungan  berpengaruh terhadap pembentukan karakter tiap individu di dalamnya. Kultur universitas merupakan tradisi di universitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai universitas. Tradisi itu mewarnai kualitas kehidupan sebuah kampus. Kultur yang dikembangkan di Universitas Negeri Yogyakarta adalah tentang pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat.

Menurut Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab UNY pada acara Seminar Pendidikan Karakter di Ruang Auditorium UNY pada (15/10/2016) menyampaikan bahwa Pendidikan karakter merupakan tag line yang diusung oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk dijadikan kultur di Universitas.  Sesuai dengan visi dan misi UNY bahwa UNY sebagai universitas yang berkultur pendidikan karakter dengan menghasilkan insan bernurani, mandiri dan cendekia. Yang artinya bahwa bahwa UNY memandang moralitas dan spiritualitas dalam membentuk lulusan. Jika seseorang yang terdidik tapi tidak bermoral maka akan menjadi lulusan yang merugikan. UNY sangat berkeinginan bahwa lulusannya akan memberi manfaat yang luas untuk masyarakat serta memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar serta memiliki kebanggaan terhadap tanah air. 

Universitas Negeri Yogyakarta telah mengimplementasikan pendidikan karakter dalam berbagai sendi sendi organisasi seperti dalam 1) pendidikan dilaksanakan melalui Pembukaan Konsentrasi Pendidikan Karakter (dulu Pendikan Nilai) pada Program Studi PIPS Program Pascasarjana (S2), mulai tahun 2000;Pendidikan karakter melalui mata kuliah khusus: Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Karakter (khusus disemua prodi di FISE mulai tahun 2010); dan (2) Dalam penelitian-penelitian tentang pendidikan karakter (3) Pelatihan-pelatihan tentang pendidikan karakter seperti ESQ. 4) Komitmen seluruh civitas akademika UNY yang dituangkan dalam Penerbitan Peraturan Universitas Negeri Yogyakarta tentang Kultur UNY. 

Universitas Negeri Yogyakarta hanyalah bagian kecil dari masyarakat yang berkontribusi melalui pendidikan karakter dengan menghasilkan insan cendekia  dan berkarakter mulia. Perlu suatu tekad yang besar untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Dan lebih baik lagi. Semoga.  

Tusti Handayani
Advertorial Eksplanatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar