Senin, 14 November 2016

Rektor UNY : Nilai UN Bukan Syarat kelulusan






REKTOR UNY : NILAI UN BUKAN SYARAT KELULUSAN

Jakarta (14/11). Rektor UNY Profesor Rochmat Wahab, M.Pd., MA menegaskan bahwa nilai UN tidak menjadi syarat untuk kelulusan bagi siswa. Sehingga siswa tidak perlu merasa terbebani terhadap nilai dari UN. Efek psikologis yang didapat dari dampak UN sangat berpengaruh terhadap siswa. 

“Seharusnya pemerintah menyampaikan terlebih dulu UN itu akan menjadi syarat kelulusan bagi siswa atau tidak. Sehingga itu tidak akan menjadi beban bagi siswa. Pemerintah harus tegas. Iya atau tidak.”ungkap Rochmat pada disela sela rapat koordinasi SNMPTN pada (14/11) di Jakarta.   

Selain itu untuk siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) hanya akan mempertimbangkan faktor lulus atau tidak lulus. “Jika anak tersebut nilai UN-nya tidak bagus, tapi sekolah tetap meluluskan maka dari panitia SNMPTN tidak akan mempermasalahkannya,” ungkap Rochmat.  

“Kita tetap harus mempertimbangkan faktor psikologi siswa jika mereka diterima masuk perguruan tinggi tapi tidak bisa melanjutkan karena tidak lulus," tambah Rochmat.

Rektor UNY berharap kepada pemerintah kedepannya untuk memberi ketegasan tentang posisi nilai UN. “Jangan setengah-setengah dalam memberikan kebijakan. Nilai UN dapat dijadikan penilaian baik dari positif maupun negatif asal memiliki kebijakan yang tegas,” tandas Rektor.


Nama : Tusti Handayani
Instansi : Humas Fakultas Ilmu Keolahragaan  Universitas Negeri Yogyakarta

1 komentar: